Monday, January 9, 2012

INOVASI DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN



Pendidikan adalah soal yang merupakan tugas kemanusiaan yang sudah berjalan sejak adanya manusia dimuka bumi ini.
Menurut Dr. M.J langeveld ada 3:
-          Animal aducendum
-          Animal aducabile
-          Homo edecandus
Yang berarti
-          Manusia adalah makluk yang harus di didik.
-          Manusia adalah makluk yang dapat di didik
-          Manusia adalah makluk yang bukan saja harus dan dapat di didik tetapi harus dan dapat mendidik
Menurut immanual komt = mendidik lelah menghumanisasikan, memanusiakan dengan arti “ jika manusia tidak di didik, ia tidak akan dapat menjadi manusia dalam arti sebenarnya.
Beberapa aliran tentang hakikat manusia:
-          Aliran dorminisme/deisebut juga aliran evolusionisme: bahwa manusia itu adalah hasil evolusi yang prosesnya berjalan berjuta-juta tahun.
-          Aliran biologisme : (lioyd morgan) : manusia itu adalh benda hidup sama saja denagn benda hidup yang lainnya.
-          Aliran fisikalisme : manusia itu merukan itu merupakan proses ilmu fisika belaka adapun tingkah laku manusia di kuasai oleh hokum alam yang utama yaitu sebab akibat.
Masa adolesen adalah masa peralihan diri masa remaja atau masa pemuda kemasa dewasa, jadi merupakan masa penutup daripada masa pemuda.
Ketika merujuk masa adolesen, maka sikap pada umumnya adalah:
-          menemukan pribadinya. Yakni ia mulai menyadari kemampuannya, menyadari kelebihan dan kekuranganya sendiri, mulai dapat menempatkan diri ditengah masyarakat dengan jalan menyesuaikan diri.
-          Menentukan cita-cita: bahwa sebagai kelanjutan daripada kemampuannya untuk menyadari kemampuan, kelebihan-kelebihan
-          Menggariskan jalan hidupnya: bahwa jalan yag akan dilalui didalam perjuangannya mencapai cita-citanya.
-          Bertanggung jawab: telah mengerti tentang perbedaan antara yang benar dan yang sala, yang boleh dan yang dilarang, yang dianjurkan dan yang dicegah, yang baik dan yang buruk.
-          Menghimpun norma-norma sendiri:
Ia telah mulai dapat menentukan sendiri hal-hal yang berguna dan menunjang usahanya untuk mencapai ita-citanya itu, sejauh norma-norma itu tidak bertentangan dengan apa yang harus menjadi tuntutan masyarakat.

0 comments:

Post a Comment