This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Saturday, August 28, 2010

KAJIAN TEORI

A. Strategi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
1. Pengertian Strategi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa itu merupakan syarat utama bagi berlangsungnya proses belajar mengajar. Interaksi dalam peristiwa belajar mengajar mempunyai arti yang lebih luas, tidak sekedar hubungan antara guru dengan siswa, tetapi berupa interaksi edukatif. Dalam hal ini bukan hanya penyampaian pesan berupa materi pelajaran, melainkan penanaman sikap dan nilai pada diri siswa yang sedang belajar.
Strategi evaluasi pembelajaran merupakan suatu kebutuhan bagi seorang pengajar, guru, pendidik untuk melaksanakan tugas pembelajaran yang sehat, kreatif, bermutu, mempercepat proses pembelajaran dengan hasil maksimal, meningkatkan kemampuan dasar siswa, dan meningkatkan hasil belajar.
Berkaitan dengan strategi, Drs. H. Abu Ahmadi dan Drs. Joko Tri Prasetyo berpendapat : Secara umum strategi mempunyai pengertian sebagai suatu garis besar haluan dalam bertindak untuk mencapai sasaran yang telah di tentukan di hubungkan dengan belajar mengajar. Strategi bisa diartikan sebagai pola umum kegiatan guru murid dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
Evaluasi merupakan bagian dari kegiatan kehidupan manusia sehari-hari. Disadari atau tidak, orang sering melakukan evaluasi, baik terhadap dirinya sendiri atau terhadap lingkungan sosialnya.
“Evaluasi merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalm hal apa, dan bagaimana tujuan pendidikan sudah tercapai.
Pembelajaran merupakan peristiwa sehari-hari di sekolah. Belajar merupakan hal yang kompleks. Kompleksitas tersebut dapat dipandang dari dua subyek, yaitu dari siswa dan guru. Dari segi siswa, belajar dialami sebagai suatu proses. Tercermin dalam perubahan perilaku, baik secara material substansial. Dari segi guru, proses belajar tersebut tampak sebagai perilaku belajar tentang suatu hal. “Sesuai dengan UU Sisdiknas 2003 pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dan sumner balajar pada suatu lingkungan belajar”.
Dari pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa strategi evaluasi pembalajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pengajar, guru, pendidik untuk melaksanakan tugas pembelajaran yang kreatif, bermutu, mempercepat proses penilaian pembelajaran dengan hasil maksimal.
Dan menurut Abdul Majid, “pendidikan agama islam adalah upaya sadar terencana dalm mempersiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani ajaran agama islam”.
Jadi maksud dari strategi evaluasi pembelajaran agama islam adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru dalam penilaian-penilaian pembeljaran yang bermutu sesuai dengan norma-norma agama islam melalui bimbingan, pengajaran atau pelatihan yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk lebih memahami dalam melaksanakan strategi evaluasi pembelajaran PAI.
- Kegiatan evaluasi merupakan kegiatan terencana dan berkesinambungan. Evaluasi bukan hanya merupakan kegiatan awal selama program berlangsung dan pada akhir satuan pembelajaran itu dianggap selesai.
- Kegiatan evaluasi diperlukan berbagai informasi atau data yang menyangkut obyek yang sedang di evaluasi.
- Kegiatan evaluasi pembelajaran tidak di pisahkan dari tujuan-tujuan pembelajaran yang hendak di capai.


2. Tujuan Dan Fungsi Strategi Evaluasi Pembelajaran
Fungsi evaluasi pembelajaran tidak dapat dilepaskan dari tujuan evaluasi itu sendiri. Di dalm batasan tentang evaluasi pendidikan yang telah di kemukakan di muka tersirat bahwa tujuan evaluasi pendidikan ialah untuk mendapat data pembuktian yang akan menunjukkan sampai di mana tingkat kemampuan dan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan-tujuan kurikuler. Tujuan khusus evaluasi pendidikan ada dua, yaitu :
1. Untuk mengetahui kemajuan belajar peserta didik setelah ia menyadari pendidikan selama jangka waktu tertentu.
2. Untuk mengetahui tingkat efisien metode-metode pendidikan yang dipergunakan pendidikan selama jangka waktu tadi ( Muchtar Buchori, 1980 : 6 ).
Dalam proses pembelajaran, secara garis besar evaluasi berfungsi untuk :
a. Mengetahui kemampuan balajar siswa.
b. Mengetahui penguasaan, kekuatan dan kelemahan seorang siswa atas suatu unit pembelajaran.
c. Mengetahui efisiensi metode mengajar yang di gunakan guru.
d. Menunjang pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan di sekolah yang bersangkutan.
e. Memberi laporan kepada siswa dan orang tuanya
f. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk keperluan promosi siswa.
g. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk keperluan Perencanaan Pendidikan.
h. Sebagai alat motifasi belajar mengajar.
Bagi guru fungsi evaluasi perlu diperhatikan secara sungguh-sungguh agar evaluasi yang di berikan betul - betul mengenai sasaran yang diharapkan.

3. Prinsip-prinsip Evaluasi Pembelajaran PAI
Terdapat beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam melakukan evaluasi. Betapapun baiknya prosedur evaluasi diikuti dan sempurnanya teknik evaluasi diterapkan, apabila tidak dipadukan dengan prinsip-prinsip penunjangnya, maka hasil evaluasi pun akankurang dari yang diharapkan.
Prinsip-prinsip yang dimaksud adalah sebagai berikut :
a. Prinsip Keterpaduan
Evaluasi merupakan komponen integral dalam program pengajaran di samping tujuan intruksional dan materi serta metode pengajaran. Tujuan intruksional, materi, dan metode pengajaran, serta evaluasi merupakantiga kesatuan terpadu yang tidak boleh dipisahkan. Karena itu, perencanaan evaluasi harus sudah ditetapkan pada waktu menyusun satuan pengajaran sehingga dapat disesuaikan secara harmonis dengan tujuan intruksioanal dan materi pengajaran yang hendak di sajikan.
b. Prinsip Keterlibatan Siswa
Prinsip ini berkaitan erat dengan metode belajar CBSA ( cara belajar siswa aktif ). Untuk dapat mengetahui sejauh mana siswa berhasil dalam kegiatan belajar mengajar yang dijalani secara aktif, siswa membutuhkan evaluasi. Dengan demikian, evaluasi bagi siswa merupakan kebutuhan, bukan sesuatu yang ingin di hindari.
c. Prinsip Koherensi
Dengan prisip koherensi dimaksudkan evaluasi harus berkaitan drngan materi pelajaran yang suah disajikan dan sesuai dengan rana kemampuan yang hendak diukur
d. Prinsip Pedagogis
Disamping sebagai alat penilai hasil/pencapaian belajar, evaluasi juga diterapkan sebagai upaya perbaikan sikap dan tingkah laku ditinjau dari segi pedagogis. Hasil evaluasi hendaknya dirasakan sebagai ganjaran [reward] yakin sebagai penghargaan bagi yang berhasil tetapi merupakan hukuman bagi yang tidak/kurang berhasil.
e. Prinsip Akuntabilitas
Sejauh mana keberhasilan program pengajaran perlu disampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingaan yaitu orang tua, calon majikan, masyarakat lingkungan pada umumnya, dan lembaga pendidikan sendiri. Pihak-pihak itu perlu mengetahui kemajuan belajar siswa agar dapat dipertinbangkan pemanfaatannya.
Dengan prinsip evaluasi pembelajaran, maka dapat membantu pendidikan dalam menyusun tes hasil belajar agar tes tersebut benar-benar dapat mengukur tujuan pelajaran, khususnya pelajaran pendidikan agama islam yang telah diajarkan, atau mengukur kemampuan dan keterampilan siswa yang diharapkan setelah siswa menyelesaikan suatu unit pelajaran.

4. Strategi Evaluasi Pembelajaran Pai
Dalam proses balajar mengajar materi Pendidikan Agama Islam (PAI), Evaluasi merupakan tindakan untuk mengukur sampai dimana penguasaan siswa terhadap bahan pelajaran pendidikan agama islam yang telah diberikan.
Bagi pendidik evaluasi pendidikan itu memungkinkan untuk :
a. Memberikan landasan untuk menilai hasil usaha (prestasi) yang telah dicapai oleh peserta didiknya.
b. Memberi informasi yang sangat berguna, guna mengetahui posisi masing-masing peserta didik ditengah-tengah kelompok.
c. Memberikan bahan yang penting untuk memilih dan kemudian menetapkan status peserta didik.
d. Membaerikan pedoman untuk mencari dan menemukan jalan keluar bagi peserta didik yang memang mamarlukannya.
e. Memberikan petunjuk tentang sudah sejauh manakah program pengajaran yang talah ditentukan telah dapat dicapai.
Adapun ditinjau dari evaluasi dua macam, yaitu :
a. Kuantitif, yaitu hasil evaluasi yang diberikan dalam bentuk angka.
b. Kualitatif, yaitu hasil evaluasi yang diberikan dalam bentuk pertanyaan verbal. Misalnya: baik, kurang baik, buruk, dan sebagainya.
Ada dua teknik yang digunakan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu:
a. Teknik Tes
Tes yang dapat digunakan dalam evaluasi dapat dibedakan menjadi tiga jenis
- Tes Lisan, yaitu tes yang dilaksanakan secara lisan.
- Tes Perbuatan, yaitu tes yang dilaksanakan dengan jawaban menggunakan perbuatan atau tindakan (berhubung dengan psikomotor).
- Tes Tertulis, yaitu tes yang dilaksanakan secara tertulis, baik pernyatan maaupun jawaban.


b. Teknik Non Tes
Teknik Evaluasi Non Tes pada umumnya menggunakan bentuk pelaksanaan sebagai berikut :
c. Wawancara (interview), yaitu Tanya jawab tentang suatu topic atau materitertentu yang dilaksanakan secara lisan.
d. Angket (kuisioner), yaitu wawancara tertulis baik pertanyaan maupuan jawabannya dengan mengisi daftar isian.
e. Pengamatan (observasi) yaitu melakukanpengamatan terhadap suatu topic yang pada umumnya dibarengi dengan kegiatan diskusi, kerja kelompok, eksperimen, menarik kesimpulan sementara ( inverensi ) atau merumuskan hipotesis topic, baik secara kelompok maupun individual.
f. Skala penilaian ( rating scale ) yakni penilaian yang lebih banyak berhubungan.
g. Dengan masalah sikap ( penilaian kualitatif ) dengan menggunakan skala.
h. Kuantitatif
i. Daftar Cek ( Chek List ) yakni penilaian yang menggunakan daaftar cek yang pada umumnya dilakukan bebbarengan / bersamaan dengan kegiatan observasi.
5. Prinsip-Prinsip Dasar Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi hasil belajar dapat dikatakan terlaksana dengan baik apabila dalam pelaksanaanya senantiasa berpegang pada tiga prinsip dasar berikut ini :
1. Prinsip Keseluruhan ( Koprehensif ), yaitu yang dimaksud di sini bahwa evaluasi hasil belajar dapat dikatakan terlaksana dengan baik apaila evaluasi tersebut dilaksanakan secara bulat, utuh atau menueluruh.
Harus senantiasa diingat bahwa evaluasi hasil belajar itu tidak boleh dilakukan secara trpisah-pisah atau sepotong demi sepotong, melainkan harus dilakukan secara utuh dan menyeluruh. Dengan kata lain, evaluasi hasil belajar harus dapat mencakup berbagai aspek yang dapat menggambarkan perkembangan atau perubahan tingkah laku yang terjadi pada diri peserta didik sebagai makhluk hidup dan bukan benda mati. Dalam hubungan ini evaluasi hasil belajar disamping dapat mengungkap proses berpikir ( cognitive domain ) juga dapat mengungkap aspek kejiwaan lainnya, yaitu aspek nilai atau sikap ( affektive domain ) dan aspek keterampilan ( psychomotor domain ) yang melekat pada diri masing-masing individu peserta didik.
2. Prinsip Kesinambungan ( Continuity ), yaitu evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan secara teratur dan sambung menyambung dari waktu ke waktu.
Dengan evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan secara bagi evaluator untuk memperoleh informasi yang dapat memberikan gambaran mengenai kemajuan atau perkembangan peerta didik sejak dari awl mula mengikuti program pendidikan sampai pada saat-saat mereka mengakhiri program pendidikan yang mereka tempuh itu.
3. Prinsip Obyektifitas ( Obyektivity ), yaitu evaluasi belajar dapat dinyatakan sebagai evaluasi yang baik apabila terlepas dari factor-faktor yang sifatnya subyektif.
Sehubungan dengan itu, dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar, seorang evaluator herus senantiasa berfikir dan bertindak wajar, menurut keadaan yang senyatanya, tidak dicampuri oleh kepentingan-kepentingan yang bersifat subyekif. Prinsip ketiga ini sangat penting, sebab apabila dalam melakukan evaluasi unsur0unsur subyektif menyelinap masuk ke dalamnya, akan dapat kemurnian pekerjaan evaluasi itu sendiri.
Evaluasi hasil belajar dalam mata pelajaran pendidikan agama islam itu hendaknya bukan hanya mengungkap pemahaman pesetra didik terhadap ajaran-ajaran agama lain, melainkan evaluasi dikatakan berhasil apabila sudah sejauh mana peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran agama islam tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

B. Prestasi Belajar Siswa
Prestasi belajar merupakan sebuah kalimat yang terdiri dari dua kata, yaitu ‘prestasi’ dan ‘belajar’. Antara prestasi dan belajar mempunyai arti yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum mengartikan prestasi belajar ada baiknya pembahasan ini di arahkan untuk mendapat pemahaman lebih jauh mengenai makna kata prestasi dan belajar itu sendiri.
1) Pengertian Prestasi
Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan baik secara individu maupun kelompok. Prestasi tidak akan pernah dihasilkan selama seseorang tidak pernah melakukan kegiatan. Dalam knyataan untuk suatu prestasi tidak semudah yang dibayangkan, tetapi penuh perjuangan dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi untuk memcapainya.
Menurut kamus besar bahasa Indonesia prestasi adalah hasil yang dicapai ( dari yang dilakukan, dikerjakan dan sebagainya ). Dari beberapa pendapat di atas dapat di simpulkan bahwa prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah di kerjakan di ciptakan yamh menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja, bail secara individual maupun kelompok dalam bidang tertentu.
2) Pengertian Belajar
Untuk memeproleh pengertin yang obyektif tentang belajar terutama belajar di sekolah, perlu dirumuskan secara jelas pengertian belajar. Dalam kseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok, ini berarti berhasil tidaknya mencapai tujuan pendidikan banyak bergantunga pada bagaimana proses belajar yang di alami oleh murid sebagai anak didik. Nenurut muhibbin syah, “ belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada di sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarganya sendiri.
Menurut Witherington, dalm buku educational psychology, mengemukakan “belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari pada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian”.
Dengan demikian, belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil pengalaman individu dalm interaksi dengan lingkungannya”.
Tujuan belajar yang utama ialah bahwa apa yang dipelajari itu berguna di kemudian hari.
3) Pengertian Prestasi Belajar
Setelah mengetahui pengertian prestasi dan belajar, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh dari kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar dalam interaksi dengan lingkungannya.
4) Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar PAI
Prestasi belajar yang di capai seorang individu merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yabng mempengaruhi baik dari dalam diri ( faktor internal ) maupun dari luar diri ( faktor eksternal ) individu. Faktor-faktor yag mempengaruhi perstasi belajar penting sekali artinya dalam rangka membantu murid dalam mencapai prestasi belajar yang sebaik-baiknya.
Yang tergolong faktor internal adalah :
a) Faktor Fisiologis ( yang bersifat jasmaniah ) seperti keadaan mata, telinga dan sebagainya.
b) Faktor Psikologis ( yang bersifat rohaniah ) yang meliputi :
1. Tingkat kecerdasan/intelegensi siswa
2. Sikap siswa
3. Bakat siswa
4. Minat siswa
5. Motivasi siswa
yang tergolong eksternal adalah sebagai berikut :
1. Lingkungan social terdiri atas lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah, dan lingkungan kelompok.
2. Lingkungan nasional terdiri atas keadaan rumah, gedung sekolah, dan lain sebagainya.
5) Pendekatan Evaluasi Prestasi Belajar PAI
Dalam melaksanakan evaluasi prestasi belajar PAI ada dua macam pendekatan yang dapat digunakan untuk memilih tingkat keberhasilan atau prestasi siswa. Pendekatan tersebut adalah :
a. Penilaian Acuan Norma ( PAN )
Dalam penilaian yang menggunakan pendekatan PAN, prestasi belajar seorang peserta didik diukur dengan cara membandingkan dengan prestasi yang dicapai teman sekelas atau sekelompoknya. Jadi pemberian skor dan nilai peserta didik tersebut merujuk pada hasil perbandingan antara skor-skor yang diperoleh teman-teman sekelompoknya dengan skornya sendiri.
Yang dimaksud dengan norma dalam hal ini adalah kapasitas atau prestasi kelompok, sedangkan yang dimaksud dengan kelompok adalah semua siswa yang mengikuti tes tersebut. Jadi yang dimaksud kelompok adalah sejumlah siswa dalam suatu kelas, sekolah, propinsi atau wilayah.
b. Penilaian Acuan Criteria ( PAK )
Penilaian dengan pendekatan PAK merupakam prestasi belajar dengan cara membandingkan dengan prestasi yang telah diperoleh siswa berdasarkan kriteria tertentu yang dijadikan patokan mutlak.
Suatu penilaian PAK dalam melakukan penilaian itu harus mengacu pada suatu kriteria pencapaian tujuan ( intruksional ) yang telah dirumuskan sebelumnya nilai-nilai yang diperoleh siswa dihubungkan dengan tingkat pencapaian penguasaan siswa tentang materi pembelajaran sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam penulisan ini peneliti tidk melakukan evaluasi untuk mendapatkan data tenang prestasi belajar siswa, tetapi peneliti mengambil data dari raport siswa.





C. Hubungan Strategi Evaluasi Pembelajaran PAI Dengan Prestasi Belajar Siswa

Sebagaimana telah dijelaskan bahwa prestasi belajar dapat diartikan sebagai hasil yang telah dicapai dari kegiatan belajar, yaitu kecakapan dari usaha atau latihan dan pengalaman dalam bentuk tingkah laku yang mengandung unsur pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Evaluasi mengandung makna banyak diantaranya, sebagai alat penilain untuk mengetahui apakah materi yang diajarkan sudah tepat bagi siswa,sehingga untuk memberikan pengajaran diwaktu yang akan datang tidak perlu diadakan perubahan.
Menurut Parnel mengemukakan sebagai berikut :
Pengukuran adalah langkah awal dari pengajaran tanpa pengukuran, tidak dapat terjadi penilaian. Tanpa penilaian, tidak akan terjadi umpan balik. Tanpa umpan balik, tidak akan di peroleh pengetahuan tentang hasil tidak dapat terjadi perbaikan yang sistematis dalam belajar.

Kutipan di atas makin jelas menunjukan kepada kita bahwa evaluasi sangat erat hubungannya dengan pengajar, bila kita melakukan evaluasi secara baik dan benar, maka dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi dalam pembelajaran.
Evaluasi bukan hanya sekeder alat untuk menentukan angka bagi siswa, tetapi juga merupakan barometer untuk mengukur guru itu sendiri. Apakah metode yang di gunakan sudah tepat atau belum, jika sebagian besar dari siswa memperoleh angka jelek pada penilaian yang diadakan, mungkin hal itu di sebabkan oleh pendekatan atau metode kurang tepat. Apabila demikian halnya maka guru harus mawas diri dan mencoba mencari metode lain dalam mengajar.
Selain itu prestasi peserta didik selalu diukur dengan hasil: ujian tulis kognitif, atau dengan kata lain andalan penilaian terhadap peserta didik adalah hasil evaluasi kecerdasan, sehingga tidak aneh bila ada murid yang nilai pelajarannya agamanya tinggi tapi tidak sholat bahkan nakal, karena secara intelektual ( kognitif ) sebaliknya. Oleh karena itu, pola evaluasi juga harus diubah dengan mengurangi evaluasi kecerdasan, dan lebih menekannkan pada evaluasi proses dan prilaku.
Peran evaluasi pembelajaran PAI disekolah adalah sangat penting dalam kemajuan dan perkembangan serta keberhasilan siswa setelah mengalami atau melakukan kegiatan belajar mengajar selama jangka waktu. Setrategi eveluasi pembelajaran pendidikan pendidikan agama islam (PAI) merupakan slah satu factor yang sangat berhubungan dengan prestasi siswa yang meliputi tiga aspek, yaitu Kognitif, Afektif, dan Pesikomotorik



Sunday, August 22, 2010

METODE PENDIDIKAN MELALUI HUKUMAN


A. Pengertian Hukuman

1. pengertian

Hukuman dalam kamus bahasa Indonesia di artikan dengan:

a. siksaan dan sebagiannya yang di kenakan kepada orang-orang yang melanggar undang-undang tersebut.

b. Keputusan yang di jatuhkan kepada hakim.

c. Hasil atau akibat menghukumi.

B. Pendidikan melalui hukuman.

Kecenderunga-kecenderungan pendidikan modern. Sekarang memandang tabu hukuman itu, memandang tidak layak disebut-sebut.

Hukuman sesungguhnya tidaklah mutlak diperlukan. Pada orang-orang teladan dan nasehat saja sudah cukup, tidak perlu lagi hukuman dalam hidupnya . tetapi manusia itu tidak sama seluruhnya. Diantara mereka ada yang perlu dikerasi sekali-kali.

Hukuman bukan pula tindakan yang pertama kali tebayang oleh seorang pendidik, dan tidak pula tindakan yang didahulukan, nasehatlah yang didahulukan, begitu juga ajaran untuk berbuat baik. Dan tabah semoga jiwa orang itu berubah sehingga dapat menerima nasehat.

Tetapi yang terjadi adalah bahwa banyak manusia yang tidak mempan semua nasehat-nasehat itu padanya, atau semakin jauh menyimpang setiap kali nasehat atau teguran itu ditunjukkan kepadanya.

Tidak bijaklah bila kita menutup mata tentang adanya orang-orang seperti itu, ataupun kita hanya berpura-pura kasihan, yang membuat kita tidak mau mengerasi mereka.

Pendidikan yang halus, lembut, dan menyentuh perasaan sering kali berhasil dalam mendidik anak-anak untuk jujur suci dan lurus, terlampau lembut dan terlampau menyentuh perasaan akan sangat berpengaruh jelek, karena membuat jiwa tidak setabil.

Jiwa dalam hal ini sama seperti tubuh bila anda terlalu memanjakan maka jiwa itu tidak akan mampu menahan suatu kerja berat yang melelahkan dan suatu kesulitan yang sulit diatasi. Akibatnya ialah bahwa dia tidak mampu sama sekali dan selalu goyah.

Dari sini haruslah ada” sedikit” kekerasan dalam mendidik anak-anak dan juga orang dewasa, buat kepentingan mereka sendiri. Diantara bentuk kekerasan itu adalah hukuman atau ancaman.

Tingkat hukuman yang berbeda-beda, karma perbedaan tingkat manusia. Adanya orang yang sudah cukup baginya isarat dari kejauhan, hatinya sudah bergetar. Dan akan memperbaiki kesalahan yang dilakukanya.tetapi ada pula orang yang hanya bias tergerak oleh marah yang jelas dan keras .

C. Syarat-syarat dalam pemberian hukuman.

a. pemberian hukuman harus tetap dalam jalinan cinta, kasih dan saying.

b. Harus didasarkan kepada alasan”keharusan”

c. Harus menimbulkan kesan dihati anak

d. Harus menimbulkan keinsyafan dan penyesalan pada peserta anak didik.

e. Diikuti dengan pemberian maaf dan harapan serta kepercayaan.

D. Kelebihan dan kekurangan

1. kelebihan :

a. hukuman akan menjadikan perbaikan-perbaikan terhadap kesalahan murid.

b. Murid tidak lagi melakukan kesalahan yang sama.

c. Merasakan akibat perbuatanya sehingga dia akan menghormati dirinya.

2. kekurangan:

a. akan membangkitkan suasana rusuh, takut dan kurang percaya diri.

b. Murid akan merasa sempit hati bersifat pemalas, serta akan menyebabkan ia suka berdusta ( karena takut dihukum )

c. Mengurangai keberanian anak untuk bertindak.

Friday, August 20, 2010

Laptop Acer


jumpa lagi dengan mahasiswa STMIK Jombang sekarang mengenai Laptop Acer

Setiap kali Anda memutuskan untuk membeli laptop, Anda harus pergi untuk satu yang memberikan semua fitur yang Anda cari dengan harga terjangkau. Anda dapat mengharapkan hal yang sama dari laptop Acer. Acer diluncurkan pada tahun 1976, tetapi hanya sampai tahun 2000 ketika Acer berfokus pada produksi laptop Acer yang sangat terjangkau.
mahasiswa STMIK Jombang

Dengan begitu banyak laptop merek seperti Sony VAIO, HP Compaq, Lenovo, Toshiba, Dell dan lain-lain yang tersedia, ia menjadi anak laki-laki terlalu sulit dalam menentukan laptop terbaik bagi Anda. laptop Acer telah berhasil meraih sepotong pelanggan setia di seluruh dunia. Acer menempati posisi kedua sebagai produsen terbesar komputer. Dalam hal merek PC terbaik di seluruh dunia, menempati posisi kedua. Statistik dengan mudah membuktikan popularitas besar notebook Acer.
mahasiswa STMIK Jombang

Setiap kali Anda berpikir tentang membeli laptop, ada dua hal utama yang mogok Anda: yang pertama adalah biaya laptop dan kedua adalah kualitas yang Anda dapatkan dengan harga itu. laptop Acer akan memastikan Anda mendapatkan keduanya dan juga senyum di wajah Anda untuk memastikan bahwa Anda telah mendapatkan produk terbaik yang tersedia. Acer extensa dan laptop notebook TravelMate adalah pemenang penghargaan.
mahasiswa STMIK Jombang

laptop Acer untuk rumah-pengguna, perusahaan swasta dan perusahaan-perusahaan besar. Hal ini juga memproduksi laptop untuk berbagai kelas orang, Anda dapat menemukan laptop Acer TravelMate bagi pengusaha atau individu yang banyak bepergian, Acer extensa seri dan seri Acer Aspire adalah laptop murah entri level. seri laptop Ferrari adalah laptop edisi khusus dari Acer. Hal ini juga memberi Anda fleksibilitas untuk menginstal sistem operasi Anda pada laptop Anda. notebook Acer juga datang pra-install dengan sistem operasi seperti Linux, Windows XP dan Windows Vista. The Acer laptop berbasis Linux dikategorikan sebagai laptop dengan biaya rendah.
mahasiswa STMIK Jombang

Di situs Acer, Anda dapat checkout semua laptop Acer yang tersedia di pasar lokal. Anda bahkan dapat menghubungi Acer bebas pulsa untuk mengetahui tentang model-model terbaru laptop dan memutuskan pada produk Anda perlu membeli. Its dukungan teknis akan membantu Anda dalam mendapatkan semua isu-isu teknologi yang berhubungan diselesaikan dengan cepat. Its notebook datang dengan garansi satu tahun wisatawan internasional yang berarti Anda menggunakan jaminan pada notebook Acer mana saja di dunia.
mahasiswa STMIK Jombang

laptop Acer
datang dengan perlindungan keamanan yang disebut jari pengakuan cetak untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain selain Anda dapat memperoleh akses ke data Anda. Salah satu hal terbaik tentang notebook Acer adalah bahwa Anda mendapatkan banyak fitur dengan harga yang sangat terjangkau. Sebuah notebook Acer akan memiliki banyak port USB, konektivitas Bluetooth, dan konektivitas Wi-Fi internet, port IEEE, kamera web, PCMCIA dan banyak fitur lainnya yang dapat membantu Anda melakukan lebih banyak dengan laptop Anda.
mahasiswa STMIK Jombang

Ketika Anda melakukan penelitian dan membandingkan online laptop merek lain dengan laptop Acer milik kisaran harga yang sama, Anda jelas bisa mengetahui bahwa Acer menyediakan banyak fitur dibandingkan dengan orang lain. laptop Acer telah berhasil upto harapan hidup yang ditetapkan oleh mereka dengan memproduksi laptop murah dan high-end yang dapat memenuhi kebutuhan banyak. Dapatkan sendiri sebuah laptop Acer as depan dalam hidup Anda.
mahasiswa STMIK Jombang

Thursday, August 19, 2010

CARA BERTANAM DENGAN POLIBEK

Ketemu lagi dengan mahasiswa STMIK Jombang

Teknik budidaya Cabe di Polybag

Pedoman Teknis Penyiapan Benih – Benih cabe dibuat sendiri. Caranya, pilih buah cabe yang matang (merah), bentuk sempurna, segar, tidak cacat dan tidak terserang penyakit. Kemudian keluarkan bijinya dengan mengiris buah secara memanjang. Cuci biji cabe lalu dikeringkan.

mahasiswa STMIK Jombang

Kemudian pilih biji yang bentuk, ukuran dan warna seragam, permukaan kulit bersih, tidak keriput dan tidak cacat. Bila kesulitan membuat sendiri, benih cabe dapat dibeli di toko pertanian setempat. Benih yang akan ditanam diseleksi dengan cara merendam dalam air, biji yang terapung dibuang.

mahasiswa STMIK Jombang

Persemaian Sebelum tanam di tempat permanen (polybag), sebaiknya benih disemai dulu dalam wadah semai yang dapat berupa bak plastik atau kayu dengan ketebalan sekitar 10 cm yang dilubangi bagian dasarnya untuk pengaturan air(drainase). Persiapannya sbb :

mahasiswa STMIK Jombang

1. Isikan dalam wadah semai media berupa tanah pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Untuk menghilangkan gangguan hama berikan Curater 3 G takaran 10 10 gr/m2. Media ini disiapkan 1 minggu sebelum penyemaian benih.

2. Benih yang akan ditanam, sebelumnya direndam dalam air hangat (50 derajat Celcius) semalam. Lebih baik lagi bila diberi zat pengatur tumbuh seperti Atonik.

3. Tebarkan benih secara merata di media persemaian, bila mungkin beri jarak
antar benih 5 x 5 cm sehingga waktu tanaman dipindah/dicabut, akarnya tidak rusak.
Usahakan waktu benih ditanam diatasnya ditutup selapis tipis tanah. Kemudian letakkan wadah semai tersebut di tempat teduh dan lakukan penyiraman secukupnya agar media semai tetap lembab.

Pembibitan

1. Benih yang telah berkecambah atau bibit cabe umur 10-14 hari (biasanya telah tumbuh sepasang daun) sudah dapat dipindahkan ke tempat pembibitan.

2. Siapkan tempat pembibitan berupa polybag ukuran 8 x 9 cm atau bumbungan dari bahan daun pisang sehingga lebih murah harganya. Masukkan ke dalamnya campuran tanah, pasir dan pupuk kandang serta tambahkan Curater 3 G.

3. Pindahkan bibit cabe ke wadah pembibitan dengan hati-hati. Pada saat bibit
ditanam di bumbungan, tanah di sekitar akar tanaman ditekan-tekan agar sedikit padat dan bibit berdiri tegak. Letakkan bibit di tempat teduh dan sirami secukupnya untuk menjaga kelembabannya. Pembibitan ini untuk meningkatkan daya adaptasi dan daya tumbuh bibit pada saat pemindahan di tempat terbuka.

4. Bibit bisa ditanam di polybag setelah berumur 30-40 hari.

Persiapan Media Tanam Polybag

1. Siapkan polybag tempat penanaman yang berlubang kiri kanannya untuk pengaturan air.

2. Masukkan media tanam ke dalamnya berupa campuran tanah dengan pupuk kandang 2 : 1 sebanyak 1/3 volume polybag. Tambahkan Furadan atau Curater 3 G 2 – 4 gr/tanaman untuk mematikan hama pengganggu dalam media tanah.

3. Masukkan campuran tanah dan pupuk kandang ke dalam polybag setinggi 1/3 nya

4. Tambahkan pupuk buatan sebagai pupuk dasar yaitu 10 gr SP 36, 5 gr KCl dan 1/3
bagian dari campuran 10 gr Urea + 20 gr ZA per tanaman (2/3 bagiannya untuk pupuk susulan). Kemudian siram dengan air agar pupuk laur dalam tanah.

Penanaman

1. Pilih bibit cabe yang baik yaitu pertumbuhannya tegar, warna daun hijau, tidak cacat/terkena hama penyakit.

2. Tanam bibit tersebut di polybag penanaman. Wadah media bibit harus dibuka dulu sebelum ditanam. Hati-hati supaya tanah yang menggumpal akar tidak lepas. Bila wadah bibit memakai bumbungan pisang langsung ditanam karena daun tersebut akan hancur sendiri. Tanam bibit bibit tepat di bagian tengah, tambahkan media tanahnya
hingga mencapai sekitar 2 cm bibir polybag.

3. Padatkan permukaan media tanah dan siram dengan air lalu letakkan di tempat terbuka
yang terkena sinar matahari langsung.

Pemeliharaan

1. Lakukan penyiraman secukupnya untuk menjaga kelembaban media tanah polybag.

2. Lakukan pemupukan susulan : Umur 30 hari setelah tanam : 5 gr Kcl per tanaman. Umur 30 dan 60 hari setelah tanam : masing-masing 1/3 bagian dari sisa campuran Urea dan ZA pada pemupukan dasar.

3. Lakukan perompesan/pembuangan cabang daun di bawah cabang utama dan buang bunga yang pertama kali muncul.

4. Untuk mengendalikan hama lalat buah penyebab busuk buah, pasang jebakan yang diberi Antraxtan.

Sedang untuk mengendalikan serangga pengisap daun seperti Thrips, Aphid dengan insektisida seperti Curacron. Untuk penyakit busuk buah kering (Antraknosa) yang disebabkan cendawan, fungisida seperti Antracol. Dosis dan aplikasi masing-masing obat tersebut dapat dilihat pada labelnya. Panen – Cabai merah dapat dipanen umur sekitar 80 hari setelah tanam. Pemetikan cabe dapat dilakukan 1-2 kali seminggu disesuaikan dengan kebutuhan. Pemetikan dilakukan dengan hati-hati agar percabangan/tangkai tanaman tidak patah.

mahasiswa STMIK Jombang

Wednesday, August 18, 2010

VIDEO SURVEILLANCE


Manfaat Dari Surveillance Home Video
jumpa lagi dengan mahasiswa STMIK JOMBANG

Kebutuhan keamanan di rumah-rumah penduduk, kantor dan properti lainnya belum pernah lebih besar. Salah satu cara terbaik untuk menjaga properti Anda dengan host video surveillance, yang merupakan sistem video keamanan di luar situs. Apa ini berarti bahwa jika Anda khawatir tentang massa penyimpanan rekaman, dan takut bahwa rekaman ini sendiri mungkin di risiko pencurian, Anda dapat tetap disimpan secara digital di server jauh, dengan salinan data cadangan juga dibuat. Jika Anda menggunakan video surveillance di sejumlah daerah, host surveilans akan berarti Anda dapat memantau semua daerah melalui antarmuka tunggal, yang dapat sangat nyaman.
mahasiswa STMIK JOMBANG

Sebuah keuntungan tambahan dari memanfaatkan sistem semacam ini adalah bahwa jumlah peralatan Anda harus akan sangat berkurang. Karena Anda dapat menjalankan digital, kamera nirkabel, Anda tidak akan memiliki lantai ditutupi dengan kawat (yang juga memerlukan instalasi dan pemeliharaan) dan tahu mahal, peralatan rumit akan dibutuhkan di daerah tersebut. Karena semua peralatan perekaman dikirim langsung dari kamera ke lokasi off-situs, Anda tidak akan pernah perlu khawatir tentang kehilangan rekaman yang telah direkam. Jika istirahat pencuri ke rumah Anda dan pemberitahuan kamera, mereka akan mulai mencari pusat keamanan untuk mencuri rekaman itu. Jika bangunan ini dihancurkan melalui kebakaran atau kecelakaan, rekaman juga akan hilang. Jika Anda menggunakan host video surveillance, meskipun, ini tidak akan masalah Anda pernah harus menghadapi, sebagai rekaman akan aman disimpan jauh.
mahasiswa STMIK JOMBANG

Isu lain Anda harus dipertimbangkan adalah bahwa akses. Jika Anda punya lokasi pusat untuk rekaman keamanan untuk bisnis Anda, Anda pasti akan harus melakukan perjalanan ke lokasi ini untuk melihat kaset yang ingin Anda lihat. Jika Anda menggunakan internet berbasis host video surveillance, Anda akan dapat mengakses semua rekaman Anda, kapan saja, dari mana saja. Melihat rekaman Anda akan semudah logging dan memilih jangka waktu yang ingin melihat, atau memilih untuk menonton cuplikan dari salah satu kamera secara real time. Melalui menggunakan kekuatan internet, kebutuhan untuk lokasi pusat besar untuk menyimpan semua rekaman akan ada lagi.
mahasiswa STMIK JOMBANG

Dukungan teknis juga memikirkan sesuatu yang layak. Jika Anda membeli standar, di tempat kamera Anda juga akan membutuhkan kabel dan sistem pemantauan, dan jika Anda pernah mengalami masalah dengan ini, Anda harus memanggil teknisi untuk memeriksa isu-isu ini. Karena aspek-aspek teknis dari host kamera biasanya perangkat lunak berbasis, sebagian besar waktu Anda hanya akan perlu untuk membuat panggilan telepon atau online memeriksa.
Terakhir, ada isu membuat update dan upgrade untuk sistem anda. Sementara teknologi yang selalu berubah, membeli penuh risiko keamanan sistem menjadi statis. Jika Anda bergantung pada obyek fisik, ini hanya dapat ditingkatkan dengan fisik menginstal mesin baru. Jika online semua, Namun, Anda hanya perlu men-download upgrade baru atau patch, dan tata letak seluruh sistem anda dapat diperbarui dan ditingkatkan tanpa kesulitan.
mahasiswa STMIK JOMBANG

Bila Anda mempertimbangkan segala fakta, jelas bahwa menggunakan host video surveillance adalah cara terbaik untuk melindungi kekayaan Anda.
mahasiswa STMIK JOMBANG

Thursday, August 12, 2010

Belajar Tentang Xbox 360

Masalah-Apa yang Harus Repair Xbox Biaya Untuk Memperbaiki Kesalahan Xbox 360 Heat Sink ditulis mahasiswa STMIK BU jombang

biaya perbaikan Xbox bisa menjadi masalah besar untuk menyingkirkan kesalahan Xbox 360 penyerap panas terutama bila Anda adalah garansi konsol kadaluarsa satu. Hal ini karena Microsoft biaya biaya yang sangat tinggi untuk memperbaiki sebuah Xbox saat itu tidak tercakup oleh garansi. Namun, kabar baiknya adalah sekarang Anda memiliki pilihan biaya yang sangat efektif di tangan Anda untuk pergi untuk Xbox 360 masalah untuk menyingkirkan kesalahan panas yang tenggelam dan perbaikan rumah berbasis.
ditulis mahasiswa STMIK BU jombang

Bagaimana Anda dapat mengurangi biaya perbaikan Xbox 360 dengan memperbaiki kesalahan heat sink di rumah?
ditulis mahasiswa STMIK BU jombang

Well faktanya adalah dalam rangka untuk memperbaiki konsol Anda di rumah Anda akan memerlukan beberapa alat perbaikan dasar bersama dengan seorang pemandu perbaikan yang akan menunjukkan cara untuk memperbaiki Anda konsol seperti Bengkel profesional. Anda dengan mudah dapat membeli panduan ini melalui internet dengan menggunakan sistem pembayaran yang handal yang wont biaya lebih dari $ 20. Dan ada kemungkinan baik bahwa Anda sudah memiliki beberapa alat perbaikan di rumah Anda atau Anda dapat membelinya dari toko perangkat keras lokal Anda. Jadi itu benar-benar tidak membuat banyak akal untuk mengirim garansi berakhir konsol Microsoft untuk mendapatkan untuk memperbaiki kesalahan panas Xbox 360 wastafel dan menaikkan biaya perbaikan Xbox Anda menjadi $ 150 ketika Anda bisa pergi untuk hak perbaikan di rumah Anda. Namun, satu hal yang saya ingin menyebutkan di sini, jika Anda konsol yang dilindungi oleh garansi maka tidak ada alasan bagi Anda untuk pergi untuk manual berdasarkan penetapan karena Microsoft akan memberi Anda memperbaiki bebas dalam kasus itu.
ditulis mahasiswa STMIK BU jombang

Bagaimana mengidentifikasi hak manual untuk membuang panas Xbox 360 kesalahan tenggelam
ditulis mahasiswa STMIK BU jombang

Ketika Anda membeli manual untuk memperbaiki konsol Anda dari kesalahan heat sink, pastikan bahwa panduan ini Anda akan membeli menawarkan Anda:
ditulis mahasiswa STMIK BU jombang

kualitas video Top perbaikan karya bersama dengan mudah mengerti instruksi sehingga Anda dengan mudah dapat menjalankan seluruh operasi.
ditulis mahasiswa STMIK BU jombang

Cepat untuk memperbaiki kesalahan. Panduan handal akan membantu Anda untuk mendapatkan memperbaiki efektif untuk Anda konsol dalam beberapa jam.
ditulis mahasiswa STMIK BU jombang

Sistem pembayaran dijamin untuk menghapus pembayaran. Ini sangat penting. Pastikan bahwa sistem pembayaran yang disertakan dalam website ini yang terkenal.
ditulis mahasiswa STMIK BU jombang

Garansi uang kembali, sehingga Anda dapat mengklaim uang kembali setelah melakukan klaim dalam jangka waktu tertentu jika anda tidak puas dengan pembelian.
ditulis mahasiswa STMIK BU jombang

Permanen untuk memperbaiki beberapa kesalahan yang paling umum Xbox. Bahkan jika Anda mencari untuk memperbaiki kesalahan panas Xbox 360 wastafel, pastikan bahwa panduan ini adalah menawarkan solusi untuk beberapa kesalahan yang paling umum dan yang dapat menghantam konsol Anda setiap saat. Ada manual yang tersedia di pasar yang akan membantu Anda untuk mendapatkan petunjuk perbaikan untuk memperbaiki permanen dari sejumlah kode kesalahan dan dalam proses tersebut akan menurunkan biaya perbaikan Xbox Anda.
ditulis mahasiswa STMIK BU jombang

Jadi pergi untuk memecahkan masalah Xbox 360 berhasil dengan bantuan buku perbaikan yang tepat
ditulis mahasiswa STMIK BU jombang